Saturday, 12 January 2013
Pengaruh Situasi Konsumen
Pengaruh Situasi dapat dipandang sebagai pengaruh yang timbul dari faktor yang khusus untuk waktu dan tempat yang spesifik yang lepas dari karakteristik konsumen dan karakteristik obyek Engel, et.al (1994).
Situasi Konsumen adalan faktor lingkungan sementara yang menyebabkan suatu situasi dimana perilaku konsumen muncul pada waktu tertentu dan tempat tertentu Mowen dan Minor (1998)
Jenis situasi konsumen
Situasi komunikasi adalah situasi di mana konsumen mendapatkan informasi atau sedang melakukan komunikasi untuk menentukan pilihan konsumen.
Konsumen bisa mendapatkan informasi melalui, komunikasi lisan, media cetak, media masa, atau informasi langsung dari produsen ke konsumen
Situasi Pembelian adalah situasi lingkungan yang dihadapkan oleh konsumen ketika berada di pasar untuk membeli produk atau jasa, misalnya : di tempat rekreasi bila seorang konsumen rela mengeluarkan biaya mahal guna mendapatkan produk yang diinginkan hal itu dikarenakan situasi yang berada di tempat wisata
Situasi Pemakaian adalah situasi penggunaan produk dan jasa merupakan situasi atau suasana ketika konsumsi terjadi.
Faktor Situasi
Pengalaman
Pembelian pertama kali
Tidak ada pengalaman yag lalu karena produk adalah baru
Pengalaman sebelumnya yang tidak memuaskan pada kategori produk
Dapat diterima secara social
Pembelian ditunjukan untuk hadiah
Produk dapat dilihat oleh masyarakat
Pertimbanangan yang berhubungan dengan Nilai
Pembelian dilakukan karena keinginan saja bukan kebutuhan
Semua alternative mempunyai konsekuensi yang diingini maupun yang tidak diingini
Para anggota keluarga tidak sepakat mengenai syarat produk atau penilaian alternative
Sumber : http://organisasi.org
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment